Berita Pendidikan

DPRD DIY : Dukung Sepenuhnya Bahasa Daerah Berdiri Sendiri

Yogya(RE) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  DIY, khusunya Komisi D /mendukung sepenuhnya bahasa daerah berdiri sendiri dalam kurikulum 2013. Bahasa daerah perlu berdiri sendiri, agar penanaman karakter anak didik dapat sesuai dengan budaya Indonesia. “DPRD DIY sudah melakukan rapat koordinasi mengenai bahasa daerah, khususnya bahasa Jawa agar menjadi mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah di wilayah DIY,“  jelas salah salah satu anggota DPRD DIY, Sukamta.

 

“Kami semua di institusi DPRD sangat mendukung jika bahasa daerah, dalam hal ini bahasa Jawa, berdiri sendiri dan tidak diintegrasikan ke dalam mata pelajaran lain. Ini juga salah satu bentuk nguri-uri budaya,“  tambahnya.

 

DPRD DIY akan berjuang semaksimal mungkin agar bahasa daerah, khususnya bahasa Jawa tidak diintegrasikan ke dalam mata pelajaran, seperti tercantum dalam draf kurikulum 2013  yang dirancang oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

 

“Nanti kalau sudah ada Peraturan Daerah Istimewa (Perdais), bahasa Jawa juga akan diresmikan ke dalam Perdais tersebut “, pungkas Sukamta. (Ken)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar