Berita Pendidikan

Teater Eska Gelar Pertunjukan Penjuru Khayali

YOGYA (RE) – Pertunjukan berjudul ‘Penjuru Khayali’ dimainkan oleh kelompok Teater Eska  UIN Sunan Kalijaga. Seni olah peran tersebut mengangkat isu kondisi alam dan lingkungan yang tidak lagi lestari. Banyaknya sampah, pohon tumbang, dan polusi udara menjadi ide cerita. Pementasan digelar pada Jumat (5/4) jam 19:30 di Gelanganggang Teater Eska.

Tidak ada harga tiket masuk yang di pungut, penonton dapat memberikan secara sukarela uang tiket masuk yang ingin mereka bayar. Pertunjukan ini merupakan sebuah teaser menuju pentas utama yang akan dilaksanakan bulan November mendatang.

“Jadi kalau di Eska kan ada banyak pentas, salah satunya pentas produksi. Nah pertunjukan malam ini tuh, teaser menuju pentas produksi,” ungkap Halwa salah satu anggota kelompok saat ditemui belum lama ini.

Selain pentas mala mini, teaser kedua akan dilaksanak pada bulan Juni ini berupa tadarus puisi atau pembacaan puisi. Kedua teaser maupun pertunjukan utama akan mengangkat tema yang sama yaitu tentang ekologi atau lingkungan.

Penonton didominasi oleh mahasiswa dan beberapa remaja. Bahkan ada kunjungan khusus dari mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Gunung Djati. Sejak pertunjukan dimulai penonton tampak antusias dengan penampilan yang dibawakan.

“Dari awal kan penonton dibuat hening, ya. Terus tiap tokoh membawakan karakter masing – masing yang sebenarnya membahas hal yang sama. Tentang lingkungan. Keren banget deh pokoknya.” ucap Yuan, salah satu penonton.

Lewat penampilan ini, Teater Eska ingin mengajak penonton dan masyarakat pada umumnya untuk lebih perhatian terhadap kondisi alam dengan mengurangi sampah plastik dan polusi udara. Kondisi lingkungan yang bersih adalah investasi masa depan yang penting generasi selanjutnya. (Chika Arimbi/ Radio Edukasi/ BPMRPK/ Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar