Berita Pendidikan

Ujian Tulis Berbasis Komputer Di UGM Berjalan Lancar

YOGYA (RE) – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai bentuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu universitas yang menyelanggarakan ujian tersebut.

Total keseluruhan siswa yang mengikuti UTBK di UGM berjumlah 35.895 peserta. Terbagi dalma dua gelombang. Gelombang I diikuti oleh 19.047 peserta, sementara gelombang II diikuti oleh 16.848.

Pada ujian gelombang pertama yang dilaksanakan sejak Sabtu (12/04), terdapat 10.826 peserta yang mendaftar kelompok Saintek. Sisanya, terdapat 8.221 peserta yang mendaftar di kelompok Soshum.

UGM menyediakan 1.720 komputer yang akan digunakan untuk ujian, tersebar di 53 ruang ujian dan 16 titik lokasi ujian. Pada sesi 1 gelombang I ujian, Wakil Rektor bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Jagal Wiseso Marseno, M. Agr. bersama tim melakukan pemantauan ke beberapa titik.

“Untuk yang sesi pagi ini, dari beberapa pantauan kami di lapangan, infrastruktur sudah lengkap baik yang bersifat untuk jaringan internet, kemudian yang bersifat energi listrik dari PLN sudah kami hubungi, dan kami backup dengan genset. Oleh karena itu, pelaksanaan UTBK di Kampus UGM ini relatif berjalan lancar,” tutur Jagal Wiseso saat melakukan pemantauan UTBK di gedung perpustakaan Fakultas Keperawatan UGM.

Ke depannya, hasil ujian ini akan digunakan sebagai seleksi siswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri. Setiap siswa memiliki kesempatan dua kali untuk mengikuti ujian dengan toleransi keterlambatan ujian selama 15 menit. UTBK gelombang satu akan berlangsung hingga 4 Mei, sementara gelombang dua akan dimulai pada 11 Mei 2019. (Chika Arimbi/ Radio Edukasi/ BPMRPK/ Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar