Berita Pendidikan

IKPM DI Gelar Deklarasi Damai Jelang Pemilu

YOGYA (RE) – Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Daerah Indonesia (IKPM DI) menggelar aksi dan deklarasi damai menjelang Pemilu 2019. Aksi diselenggarakan bertujuan untuk mengajak generasi milenial agar tidak mudah terpengaruh oleh hoax dan menyeru untuk menggunakan hak pilih pada pemilu mendatang.

Terdapat sekitar 200 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan tengah menjalani pendidikan di Yogyakarta. Seluruh peserta tergabung dalam berbagai Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa dari berbagai daerah yang juga bernaung dibawah IKPM DI.  Secara bergantian peserta aksi melakukan orasi untuk menyuarakan pendapat.

Beberapa poin seruang yang disampaikan dalam aksi tersebut di antaranya adalah, menggelorakan semangat patriotisme bagi pemuda Indonesia, turut berperan dalam manjaga persatuan dan kesatuan NKRI, turut berpartisipasi dalam upaya menciptakan pemilu damai, aktif dalam gerakan melawan fitnah dan hoax, menolak politik uang, dan siap menggunakan hak pilih dalam pemilu 2019, serta katakan tidak pada golput.

 “Pada umumnya, tanpa terkecuali teman-teman mahasiswa, secara bersama-sama menyuarakan terkait dengan anti ujaran kebencian, anti hoax, dan kita bersama-sama melawan fitnah. Kita senantiasa menegakkan kebenaran!” ucap Yahya, ketua IKPM DI wilayah Yogyakarta,  saat menjelaskan tujuan diadakannya aksi.

Selain melakukan deklarasi pada Sabtu (13/04) di titik 0 KM, aksi dilanjutkan dengan malam sastra di selasar barat 0 KM Yogyakarta. Kegiatan berjalan dengan damai tanpa menganggu aktifitas masyarakat sekitar maupun pengguna jalan. Peserta membubarkan diri secara tertib saat deklarasi telah selesai. (Chika/ Radio Edukasi/ BPMRPK/ Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar