Berita Pendidikan

ICRS Dan AIPI akan Menggelar Seminar Nasional dan Lokakarya

YOGYA (RE) – Indonesia Consorsium for Religious Studies bekerja sama dengan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) akan mengadakan Seminar Nasional dan lokakarya bertema “Agama dan Harkat kemanusiaan di Era Sintesis”.

Tema tersebut diangkat berdasarkan kondisi umat manusia saat ini, di mana satu permasalahan tidak dapat hanya diselesaikan oleh satu bangsa, negara, agama, ataupun satu disiplin ilmu saja. Permasalahan manusia sudah semakin rumit dan kompleks.

Sebanyak 200 peserta yang merupakan undangan dari multi disiplin ilmu berbagai Universitas akan hadir dalam acara tersebut. Akademisi dari berbagai latar belakang tersebut diminta untuk berdiskusi mengenai berbagai problema agama yang terjadi saat ini.

Semakin berkembangnya zaman, dan canggihnya tehnologi, menyadarkan manusia bahwa segala sesuatu saling terhubung. Semua pihak memiliki peran dalam memberikan sumbangsih bagi penyelesaian persoalan – persoalan besar yang muncul saat ini.

Hal ini disebut sebagai Era Sintesis, dimana banyak pihak berkolaborasi untuk mencapai atau mencari sebuah solusi. Indonesia merupakan Negara yang majemuk dengan adanya ribuan suku, ras, dan agama. Agama merupakan suatu hal yang sudah ada di Indonesia sejak zaman dahulu. “Dengan hadirnya internet, media social, dan menguatnya kondisi Post Truth Society (Masyarakat Pasca Kebenaran), isu agama menjadi hal yang penting sekaligus problematis.” tutur Amin Abdullah, Ketua Komisi Kebudayaan AIPI pada Konferensi Pers di UGM kemarin.

Selanjutnya, Amin berharap bahwa acara seperti ini akan terus hadir ke depannya, untuk mencari solusi bersama atas permaslahan – permasalahan yang terjadi saat ini. (Chika Arimbi/ Radio Edukasi/ BPMR/ Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar