Artikel

Destinasi Terbaik Si Negeri Api, Azerbaijan

Azerbaijan yang berjuluk Negeri Api atau Land Of Fire mulai membuka diri bagi wisatawan. Azerbaijan merupakan sebuah negara di wilayah Pegunungan Kaukasus, negara ini terdapat di daerah di Eropa Timur dan Asia Barat yang berada di antara Laut hitam dan Laut Kaspia. Berbatasan dengan Rusia dan Georgia di bagian utara, Lautan Kaspia di bagian Timur, Armenia di bagian Barat, dan Iran serta Turki di bagian selatan. Pada tahun 1991, Azerbaijan memproklamasikan kemerdekaannya saat jatuhnya Uni Soviet.

Secara garis besar, Azerbaijan adalah negara muslim dengan lanskap pegunungan yang berlumpur vulkanik aktif. Masyarakatnya pun multikultural dengan musik khas bernama mugham. Musik ini mencerminkan periode – periode sejarah Azerbaijan yang berbeda dengan menggunakan alat tradisional, seperti kecapi leher panjang, biola berduri empat tali, dan tamborin besar.

Selama beberapa tahun terakhir, negara tetangga dari Azerbaijan yaitu Georgia telah membuka diri bagi para turis, dan kini Georgia memberikan layanan visa selama tiga hari yang bisa didapatkan turis untuk melancong ke sana.

Namun Azerbaijan tentunya tidak mau kalah, dan berikut ini beberapa destinasi terbaik yang bisa kamu kunjungi ketika berada disana.

  • Menjelajah Kota Tua di Ibu Kota Baku

Industri minyak di Kota Baku meningkat pesat dan menjadikannya sebagai kekuatan industri Rusia (dulu Uni Soviet). Kota yang sudah amat tua ini merupakan jantung budaya Baku. Di dalamnya terdapat jalan-jalan berbatu seperti labirin, pondok seniman, kafe, hingga museum. Kamu juga bisa tur jalan kaki mengelilingi The Maiden's Tower, Shirvanshahs Palace, Masjid Tua, dan Pemandian Hammam adalah hal paling menarik saat ada di Kota Tua Negeri Muslim ini.

  • Mengunjungi museum di Kota Baku

Azerbaijan kaya akan sejarah dan budaya peradaban Islam. Ada beberapa tempat yang patut dikunjungi, yakni Heydar Aliyev Center yang melengkung dan futuristik. Museum ini dirancang oleh Zaha Hadid, dan biasa digunakan sebagai tempat pameran kelas dunia.Selain itu, ada pula Museum Karpet Azerbaijan yang berisi sekitar 6.000 karpet sebagai wakil dari tujuh sekolah tenun karpet di Azerbaijan. Karpet di sana tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mewujudkan keyakinan dan tradisi orang-orang yang menganyamnya.

  • Perjalanan sehari di Gobustan Rock Art

Sekitar 40 kilometer dari Kota Baku ada Taman Nasional Gobustan, terdapat lebih dari 6.000 pahatan batu yang terdaftar di UNESCO. Pahatan – pahatan itu menggambarkan kehidupan prasejarah di wilayah Kaspia, Kaukasus. Ada gambar adegan berburu, menari, transportasi pada jaman itu, dan simbolisme hewan. Pahatan tertua berusia lebih dari 15.000 tahun, meskipun ada juga prasasti yang ditinggalkan oleh Legion Twundth Romawi Thunderbolt di abad ke-1.

  • Melihat Formula 1 di tengah kota

Formula 1 memang masih baru di Kota Baku, balapan pertama di kota ini diselenggarakan pada tahun 2016. Seperti monako dan singapura, Grand Prix Azerbaijan adalah balapan yang lintasannya adalah jalanan kota. Sirkuit Kota Baku adalah yang tercepat dari semuanya, dan sirkuit ini dirancang oleh insinyur jerman, Hermann Tilke. Lintasannya juga mencakup sebagian besar landmark utama Kota Baku. Perlombaan perdana pada musim panas tahun 2016 cukup lancar, tetapi pada tahun 2017 ada banyak kecelakaan namun tetap menarik. Dan sejak saat itu pula, perlombaan digelar pada bulan april sebelum memasuki musim panas.

  • Keramahan masyarakat lokal dan budaya minum teh

Orang – orang Azerbaijan bisa dibilang sangat ramah. Jika kamu berkunjung ke daerah – daerah, sudah pasti akan bertemu dengan warga lokal yang mempunyai rasa ingin tahu lebih, bahkan ada juga yang mengajak untuk mampir ke rumahnya. Ketika kedatangan tamu, sang pemilik rumah akan memberikan sajian khasnya berupa dolma (nasi yang dibungkus daun anggur), khingal atau plov (sop daging domba dengan mi), dan teh hangat yang tentunya bisa diisi ulang. Teh atau biasa disebut chay ini adalah minuman nasional di Azerbaijan. Jika kamu ingin merasakan budaya minum teh di Kota Baku, datanglah ke The Shirvanshah Musey Restaurant di Salatin Alesgerova Street.

Nah, itulah beberapa destinasi terbaik yang wajib kamu kunjungi saat bertandang ke Negara Azerbaijan. Bagaimana, menarik bukan? Tetapi sebelum berkunjung, sebaiknya pelajari dulu aturan – aturan yang ada disana ya supaya liburan kamu tetap nyaman. (Icha Kinanti/ Radio Edukasi/ BPMRPK/ Kemdikbud)

 

Referensi:

https://travel.detik.com

https://www.catatantraveling.com

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar