Berita Pendidikan

UIN Sunan Kalijaga Siapkan 75 Kontingen Untuk Pioner IX

YOGYA (RE) – Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONER) IX akan segera diselenggarakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada Juli mendatang. Kegiatan ini merupakan ajang kompetisi bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia.

Kementrian Agama Pusat rutin menyelenggarakan acara ini setiap dua tahun sekali. Tuan Rumah Penyelenggara ditentukan berdasarkan pengajuan dan presentasi kesiapan Univesitas. Pada tahun 2017, acara ini diselenggarakan di Aceh.

UIN Sunan Kalijaga sudah melakukan persiapan sejak bulan Februari lalu, mulai dari pembukaan pendaftaran hingga proses seleksi kontingen. Saat ini masih ada beberapa cabang lomba yang melakukan seleksi, sementara beberapa lainnya sudah mulai berlatih.

Khoirul Anwar, Kepala Sub Bagian Minat dan Bakat Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyampaikan, 75 kontingen yang terpilih nantinya akan mengikuti 31 cabang lomba yang ada.

Ia juga menambahkan, bahwa pihaknya hanya memilih beberapa cabang lomba saja yang memungkinkan untuk menghasilkan pundi-pundi prestasi. Strategi ini digunakan untuk meraih gelar juara umum.

Selama ini, prestasi UIN Sunan Kalijaga pada PIONIR hanya mencapai tingkat lima besar saja, belum sampai pada Juara Umum. Berbeda dengan saat mengikuti Invitasi Pengembangan Bakat dan Minat (IPPBM) di Purwokerto pada April lalu, UIN Sunan Kalijaga berhasil meraih juara kedua.

Mahasiswa yang terpilih menjadi kontingen akan mendapatkan fasilitas selama pelatihan hingga pelaksanaan. Fasilitas yang akan didapat di antaranya adalah, biaya penuh akomodasi, kostum kontingen, dan kebutuhan khusus masing-masing cabang.

Khoirul Anwar berpesan, bahwa kampus tidak sedikit pun memanfaatkan mahasisnya dalam mengikuti kompetisi ini. Melainkan kampus memberikan fasilitas, agar mahasiswa dapat menuai prestasi yang membanggakan dan bermanfaat untuk dirinya. (Chika/ Radio Edukasi/ BPMR/ Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar