Artikel

Yuk Belajar Hemat dengan Bantuan Aplikasi Keuangan Digital

Belajar mengelola keuangan secara mandiri dan bertanggungjawab ternyata perlu dipupuk sejak dini supaya menjadi kebiasaan yang baik saat dewasa. Sesuai dengan usia Insan Edukasi saat ini, tentu perlu memiliki kemampuan literasi finansial pada tataran yang paling sederhana, yaitu bagaimana membelanjakan uang dengan bijak sehari-hari. Apabila kebiasaan ini sudah kita lakukan sedari kecil, tentu saat dewasa nanti kita juga akan lebih disiplin dalam mengelola keuangan untuk memperoleh masa depan yang terjamin.

Nah, siapa di antara kamu yang udah pegang uang saku sendiri? Biasanya selain dipakai untuk jajan, apakah udah belajar disiplin untuk menyisihkan sebagain kecil dan ditabung? Ini dia Insan Edukasi yang perlu diperhatikan, selain kita belajar untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, kita juga perlu membedakan yang mana keinginan dan yang mana adalah kebutuhan saat menggunakan uang.

Saat ini, mengelola keuangan sudah gampang banget. Sudah banyak aplikasi untuk mengatur keuangan yang bisa diunduh lewat smartphone. Aplikasi ini nantinya berguna mulai dari mencatat pemasukan dan pengeluaran, hingga membuat perencanaan masa depan. Lalu, apa saja aplikasi untuk mengatur keuangan yang bisa kamu unduh? Simak, yuk!

Finansialku

Salah satu aplikasi dari dalam negeri yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan berupa rencana keuangan untuk keperluan seperti dana pendidikan hingga rencana membeli barang tertentu. Insan Edukasi bisa mencatat transaksi yang kamu lakukan, bahkan menambah dokumentasi berupa foto atau lokasi transaksi. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis, langganan Rp35.000/bulan dan Rp350.000/tahun.

Mint

Mint jadi salah satu aplikasi yang paling populer. Mint menyajikan fitur all-in-one dalam aplikasinya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur rekening bank, tagihan bulanan, dan mampu mengelompokkan anggaran belanja ke dalam beberapa kategori. Insan Edukasi jadi bisa menghitung pengeluaran dan pemasukan bulanan dengan sangat mudah. Tampilan yang ciamik dan penuh warna jadi nilai tambah tersendiri.

Money Manager

Sama dengan yang lain, Money Manager juga bisa membantu kamu mengatur keuangan dari beberapa akun berbeda. Dari rekening bank, uang tunai, dan kartu pembayaran. Selain itu Kamu juga bisa membagi transaksi ke dalam kategori yang berbeda-beda, lengkap dengan persentasenya. Money Manager ditawarkan dalam versi gratis dan berbayar seharga Rp44.000.

Monefy

Aplikasi Monefy punya fitur yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa membuat akun yang berbeda untuk kategori uang tunai, rekening bank, atau akun buatan kamu sendiri. Monefy juga bisa mengelompokkan pengeluaran dalam berbagai kategori yang bisa kamu kustomisasi. Untuk menggunakan aplikasi ini, Insan Edukasi bisa memilih versi gratis maupun berbayar senilai Rp33.000. Dengan versi berbayar, kamu akan bisa menyinkronkan akun Dropbox atau Google Drive.

UangKu

Aplikasi UangKu ini adalah salah satu aplikasi dalam negeri yang patut buat kamu coba. Apalagi kalau Kamu baru pertama kali belajar mengatur keuangan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mematok target tabungan dan pengeluaran selama satu bulan. Aplikasi ini juga bisa menghitung batas maksimal pengeluaran kamu. Jadi, kamu benar-benar bisa mencatat dan membuat rencana pemasukan atau pengeluaran di masa depan.

Wallet

Wallet punya beragam fitur yang menarik, seperti menyinkronkan saldo rekening dan transaksi pada akun bank yang kamu miliki. Enggak cuma itu saja, Wallet juga bisa membuat daftar belanja, tagihan bulanan, dan mengekspor data ke dalam berbagai jenis file dengan fitur cloud sync. Kamu juga bisa menentukan financial goals macam apa yang mau kalian raih. Misalnya, keinginan untuk menabung, liburan, atau membeli barang.

MyFinance

MyFinance bisa mengelola beberapa akun, merencanakan anggaran masa depan, mengatur biaya tagihan, dan melihat daftar riwayat transaksi secara lengkap. Dengan begitu, kamu benar-benar bisa tahu kemana saja sih uang kamu pergi selama ini dan bisa memperbaiki hal yang berlebihan. Aplikasi ini juga punya tampilan yang sangat menarik dan penuh warna.

Itu dia beberapa aplikasi yang bisa menjadi asisten kamu dalam mengelola uang. Cukup mudah dan membantu kan? Ayo, unduh sekarang, dan bijak mengelola uang kemudian. (Kiky Anjani/ Radio Edukasi/ BPMRPK Kemendikbud)

Sumber:

https://id.techinasia.com/5-aplikasi-android-gratis-pengatur-keuangan/amp/ diakses 7 Mei 2019

https://www.idntimes.com/tech/trend/amp/ilham/ingin-gaji-awet-coba-7-aplikasi-atur-keuangan-ini-1 diakses 7 Mei 2019

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar