Berita Pendidikan

Cak Nun : Halal Bihalal Sebagai Penyempurna Ibadah

Yogya (RE) – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar Syawalan ‘Merajut Silaturahmi untuk Memperkuat Persatuan Menuju UNY Unggul’, di Auditorium kampus setempat, Senin (10/6). Dalam acara tersebut, budayawan Emha Ainun Najib atau yang dikenal dengan Cak Nun, hadir sebagai penceramah. “Puasa selama bulan Ramadhan bukanlah prestasi. Bahkan Idul Fitri pun juga merupakan bentuk kolusi antara manusia dengan Allah SWT,“ jelasnya.

Sejatinya, manusia tidak bisa lulus dalam hal apapun, termasuk dalam hal puasa, tetapi Allah memberikan kemurahan dengan meluluskan , dan dengan mudah menghapuskan segala dosa di Idul Fitri. Kelemahan manusia untuk bisa berpuasa adalah menahan hawa nafsu. “Bukan hanya membatasi makan sehari-hari, karena binatang pun juga bisa melakukannya,“ papar Cak Nun.

 Menurut Cak Nun, dengan menjalankan ibadah puasa dan Idul Fitri, diharapkan manusia bisa terhindar dari celaka. “Termasuk dengan Halal Bihalal, juga menjadi penyempurna ibadah karena saling maaf memaafkan,” ungkap Cak Nun.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa mengungkapkan, syawalan atau halal bihalal di Indonesia diharapkan dapat memberikan spirit bagi seluruh civitas akademika untuk meningkatkan kinerja di lingkup UNY. “Sekecil apapun, mari kita berbuat dari yang kecil, akan terkumpul kinerja bersama, yang Insya Allah akan menjadi kekuatan besar untuk meningkatkan kinerja UNY ke depan,“ kata Rektor.

Rektor menambahkan, terdapat tiga hal penting untuk meningkatan kinerja. Yakni personal goal setting atau perencanaan tujuan, purpose atau kejelasan tujuan dan passion atau gairah. Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengajak seluruh hadirin untuk meneguhkan tujuan karir berprofesi agar memiliki arti penting, relevan dan mendekatkan diri kepada niat untuk beribadah, yang pada akhirnya mengantarkan pada kesuksesan. (Ken Satyabama/ Radio Edukasi / BPMRPK/ Kemdikbud)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar