Berita Pendidikan

Ditjen PAI Kemenag Siapkan Pokja untuk Penguatan Moderasi Beragama di Sekolah

Yogya (RE) - Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama (Kemenag) akan memperkuat program PAI di sekolah. Direktur PAI Kemenag, Rohmat Mulyana mengatakan, pihaknya akan bergerak dalam penguatan moderasi beragama.

"Beberapa program PAI seperti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru PAI, Pengembangan Kurikulum PAI, Penguatan Kompetensi Pengawas PAI dan sebagainya akan diinsersi dengan konten moderasi beragama," jelas Rohmat, seperti dilansir dari laman resmi Kemenag, Jumat, (18/2/2021).

Desain penguatan moderasi beragama yang tengah disiapkan, menurutnya, akan merujuk pada pedoman implementasi moderasi beragama. Pihaknya menyebut telah menyiapkan pula Kelompok Kerja (pokja) untuk program tersebut.

"Disiapkan Pokja Moderasi Beragama Ditjen Pendidikan Islam,” sambungnya. Guna mempercepat implementasi moderasi beragama, pihaknya juga akan bekerja sama dengan berbagai organisasi masyarakat. Tak hanya itu, organisasi guru, dosen, dan pengawas PAI juga dilibatkan.

"Saat ini kami tengah menyiapkan sejumlah bantuan seperti bantuan kemitraan, bantuan pemberdayaan Rohis, dan bantuan penelitian moderasi beragama sebagai penggerak implementasi moderasi beragama pada lingkungan masing-masing," tambahnya.

Penguatan Moderasi beragama pada lingkup PAI, lanjutnya, tidak boleh berjalan sendiri-sendiri. Akan tetapi harus searah dan bersinergi baik dari sisi program ataupun keterlibatan setiap elemen. Rohmat berharap penguatan moderasi beragama pada ranah PAI dapat mewarnai kehidupan keagamaan di sekolah dan Perguruan Tinggi Umum.

"Dengan demikian eksistensi PAI selain memperkuat religiusitas peserta didik juga menumbuhkan sikap moderat, toleran dan saling menghargai satu sama lain," pungkasnya.

 

 

Reporter: Arin / Editor : Arik

Foto: Dok. Kemenag

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar