Berita Pendidikan

Kemenag Tengah Menyusunan Modul dan Soal Seleksi PPPK untuk Guru Agama

Yogya (RE) - Kementerian Agama (Kemenag) terus menyelesaikan penyusunan modul dan soal untuk semua guru agama yang ingin mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Upaya tersebut merupakan tindak lanjut dari adanya tambahan kuota sebanyak 27.303 untuk formasi guru agama.

"Setelah persetujuan tambahan formasi, ada mekanisme dan prosedur yang perlu diselesaikan, yaitu modul dan soal tes PPPK. Tim Kemenag sedang menyelesaikan ini," kata Direktur Pendidikan Agama Islam Kemenag, Rohmat Mulyana, seperti dilansir dari laman resmi Kemenag, Senin (22/3/2021).

Ia mengungkapkan, lebih dari 27 ribu formasi tersebut terdiri dari 22.927 guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan sisanya untuk guru agama Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. Ia juga meyakini jika modul dan soal sudah selesai, maka tambahan kuota PPPK formasi guru agama ini bisa segera disosialisasikan untuk ditindaklanjuti pemerintah daerah.

"Saya harap para guru agama honorer untuk tenang dan bersabar. Pemerintah tetap berkomitmen untuk mengakomodir guru agama dalam penerimaan PPPK tahun ini," tambahnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Kemenag berdiskusi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang mana terdapat perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang mengikuti diskusi pembahasan tersebut.

Pembahasan lintas kementerian dan lembaga ini, perlu dilakukan mengingat guru agama terbagi menjadi tiga di antaranya guru yang diangkat Kemenag, guru yang diangkat Kemendikbud, dan guru yang diangkat Pemerintah (Pemda).

 

 

Reporter : Arin / Editor : Arik
Foto : kemenag.go.id

This post has 2 Comments

  1. nurliana sinaga | Kamis, 03 November 2022

    kirim saya soal p3k agama katolik

  2. Thomas Lalang | Jumat, 02 Juli 2021

    Kirim soal p3k

Kirim Komentar