Berita Pendidikan

UGM Hadirkan Alumni Bekali Calon Wisudawan Program Pascasarjana

Yogya (RE) - Guna mempersiapkan para alumni dalam menciptakan dan mengembangkan karier profesionalnya, Universitas Gadjah Mada (UGM) beserta Keluarga Alumni UGM (KAGAMA) menyelenggarakan pembekalan calon wisudawan Program Pascasarjana Periode April 2021, Rabu (14/4/2021).

Melansir laman resmi UGM, kegiatan pembekalan ini menghadirkan dua alumni UGM, Gubernur Kalimantan Utara, Drs. Zainal Arifin Paliwang, serta Direktur Utama Pertamina Geothermal Energi, Ahmad Subarkah Yuniarto, untuk berbagi cerita dan pengalaman terkait topik, “Energi, Lingkungan, dan Strategi Pengembangan Daerah”.

Gubernur Kalimantan Utara yang merupakan alumni dari Fakultas Hukum, memberikan paparan terkait profil wilayah serta tantangan daerah perbatasan Kalimantan Utara yang meliputi kesenjangan wilayah, minimnya infrastruktur, pelanggaran lintas batas, masalah demografi, serta sumber daya manusia yang terbatas.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ahmad Yuniarto memberikan pesan kepada para calon wisudawan untuk dapat mengidentifikasi potensi yang dimiliki agar dapat dikembangkan dan digunakan untuk menghasilkan dampak yang positif bagi masyarakat. Menurutnya, para calon wisudawan merupakan anak muda yang beruntung, pasalnya mendapat kesempatan istimewa untuk dapat menempuh pendidikan di bangku perguruan tinggi.

“Setiap dari kalian mendapatkan kesempatan yang orang lain hanya bisa mimpikan. Dengan kesempatan yang spesial ini datang kewajiban dan juga tanggung jawab moral yang harus dijalankan,” ungkapnya.

Kelulusan dari jenjang perguruan tinggi, lanjut Ahmad, merupakan sebuah keberhasilan yang patut dirayakan, namun peristiwa ini juga merupakan awal dari perjalanan yang lebih besar.

“Kita semua menjadi bagian dari sebuah bangunan cerita. Saya mengajak teman-teman semua untuk tidak berhenti dengan wisuda ini karena sebetulnya perjalanan masih jauh, bagaimana kita menemukan cerita besar apa yang pas untuk kita,” kata Ahmad.

Ahmad menambahkan, para calon wisudawan harus mempersiapkan diri untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga saat memasuki dunia kerja, karena perjalanan untuk meniti karier tidak selalu lurus tetapi penuh dengan lika-liku. Oleh karena itu, menjadi penting bagi setiap individu untuk mengambil waktu untuk berefleksi sebelum melangkah lebih jauh untuk mengenali diri sendiri dan tujuan yang hendak dicapai.

“Ini semuanya sebetulnya bagaimana kita mempraktikkan filosofi UGM mengakar kuat menjulang tinggi. Akar kita kuat kalau kita tahu siapa kita dan apa yang menjadi nilai kita,” tandasnya.

Untuk diketahui, pembekalan Calon Wisudawan merupakan salah satu agenda rutin yang diselenggarakan menjelang pelaksanaan setiap periode wisuda. Selain untuk membekali calon wisudawan dengan pengetahuan dan kesadaran untuk peduli dan berkontribusi dalam membangun negeri, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong tumbuhnya ide-ide kreatif dan inovasi serta memberikan gambaran peran alumni di masyarakat dengan belajar dari cerita-cerita sukses alumni UGM.

 

 

Reporter : Arin / Editor : Arik
Foto : Dok. UGM

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar