Berita Pendidikan

Kemendikbudristek: Survei Lingkungan Belajar Ukur Iklim Keamanan Sekolah

Yogya (RE) - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Kabalitbangbuk) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Anindito Aditomo, menyebut Survei Lingkungan Belajar merupakan komponen penting dalam mengukur iklim keamanan sekolah.

“Survei Lingkungan Belajar mengukur aspek-aspek dari sekolah sebagai lingkungan yang mendukung terjadinya pembelajaran. Hal ini mencakup aspek yang secara langsung berkaitan dengan pembelajaran seperti fasilitas belajar, praktik pengajaran, refleksi guru, dan kepemimpinan kepala sekolah,” ujar Anindito, dilansir dari Antara News, Rabu (28/7/2021).

Anindito menjelaskan, Survei Lingkungan Belajar digunakan untuk mengukur aspek prakondisi bagi pembelajaran, seperti iklim keamanan dan iklim kebinekaan sekolah, sekaligus merupakan komponen dari Asesmen Nasional (AN). AN terdiri dari tiga komponen yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Lingkungan Belajar, dan Survei Karakter.

Menurut Anindito, iklim kebinekaan yang baik mencerminkan penerimaan dan dukungan terhadap hak-hak semua warga sekolah, terlepas dari latar belakang dan perbedaan lainnya.

Penerimaan dan dukungan tanpa diskriminasi tersebut menjadi landasan bagi pembelajaran yang berkualitas. Selain mengukur iklim kebinekaan, Survei Lingkungan Belajar juga mengukur iklim keamanan sekolah.

“Rasa aman di sekolah juga merupakan prasyarat bagi terjadinya proses pembelajaran. Iklim keamanan sekolah mencakup indikator-indikator seperti kejadian perundungan, penggunaan narkoba, dan kekerasan di sekolah,” lanjutnya.

Di luar iklim sekolah, bagian terpenting dari Survei Lingkungan Belajar adalah berbagai aspek yang berkaitan secara langsung dengan kualitas pembelajaran. Hal ini mencakup indikator-indikator fasilitas belajar, praktik pengajaran, refleksi guru, dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya berupaya merancang pelaksanaan AN yang adaptif dan dapat disesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19. Rencananya AN akan diselenggarakan pada September 2021.

 

 

Reporter: Dian / Editor: Arik

Foto: Suarasurabaya.net

This post has 1 Comments

  1. ASNAH | Senin, 20 September 2021

    Keamanan dan ketertiban serta kebersihan lingkungan sekolah atau lingkungan belajar sanagtlah penting dan aman bagi siswa dan guru serta pegawai yang ada disekolah tersebut.... Maaf

Kirim Komentar