Aktivitas

Bimtek Penulisan Naskah Media Audio Pembelajaran

BPMRPK Kemendikbudristek selama masa PPKM Darurat telah melaksanakan Bimtek Penulisan Naskah Media Audio Pembelajaran. Pelatihan diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari Guru PAUD, Guru SD, Guru IPS SMA, Guru Bahasa Indonesia SMP-SMA, dan Guru Bahasa Inggris SMP-SMA.

Bimtek dilaksanakan tanggal 12 sampai dengan 28 Juli 2021. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh kepala BPMRPK dan orientasi pemanfaatan akun Office 365 oleh Microsoft Innovative Educator Expert (MIEE) yaitu Wahyu Saryadi dan Kulsum Nur Hayati. Akun O365 telah dibagikan kepada peserta sebelum pelaksanaan kegiatan dan pada saat kegiatan dimulai semua peserta sudah dapat menggunakan akun O365 untuk kegiatan selama bimtek secara sinkronus dan asinkronus.

Bimtek penulisan naskah ini diawali dengan penyajian materi oleh PTP BPMRPK yaitu:

1. Karakteristik Media Audio (Aristo Rahadi, M.Pd.) ;

2. Langkah-langkah Pengembangan Media Audio Pembelajaran (Windah Nur Hidayati, MA) ;

3. Mengenal Format Sajian Naskah Media Audio (Yasinta Kamarati, M.Eng) ;

4. Tata istilah dalam Penulisan Naskah Media Audio (Widiyo Prio, M.Pd.) ;

5. Penggunaan Bahasa dalam Penulisan Naskah Media Audio (Ary Isdianto, M.Pd.) ;

6. Penggunaan Musik dan Sound Effect (Arif Budi Sholikhin, M.Pd) ;

7. Teknik Dasar Penulisan Naskah (Wawan Tri Saksono, S.T.).

 

Setelah materi diserap dengan baik oleh peserta, pada hari berikutnya adalah praktek penulisan naskah media audio pembelajaran sesuai dengan jenjang dan mata pelajaran yang diampu masing-masing peserta.

Rangkaian kegiatan yang cukup panjang ini diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta. Bimtek penulisan naskah media audio ditutup pada tanggal 28 Juli 2021 dan sertifikat kelulusan dibagikan kepada peserta pada tanggal 6 Agustus 2021. Luar biasa bimtek ini karena peserta yang sangat antusias sehingga tingkat kelulusannya mencapai 100%.

 

(Kulsum/Radio Edukasi/BPMRPK Kemendikbudristek)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar