Aktivitas

Workshop Pembelajaran Media Pendidikan dan Kebudayaan bagi PAUD di Manokwari, Papua Barat

Manokwari (RE) – Tim BPMRPK Kemendikbudristek mendapat kesempatan membimbing 20 orang guru PAUD di Kabupaten Manokwari, Papua Barat dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis audio. Kesempatan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama dengan LPMP Papua Barat yang dinyatakan dalam bentuk perjanjian kerja sama. Kegiatan workshop dilaksanakan di LPP RRI Manokwari pada tanggal 25 Agustus 2021 dan dibuka secara resmi oleh Ibu Yuliana Numberi, yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Manokwari.

Atas nama pemerintah Kab. Manokwari, Ibu Yuliana menyampaikan apresiasi kepada LPMP Papua Barat dan BPRMPK, begitu pula dengan RRI, yang sudah mendukung pendidikan sejak usia dini. “Saya atas nama Kadisdikbud Kab. Manokwari menyampaikan terima kasih kepada BPMRPK yang dengan penuh komitmen, semangat, dan senang hati sudah mau datang ke Manokwari untuk membangun kerja sama dengan LPMP Papua Barat. Biarlah semangat ini bisa dibuktikan dengan kerja maksimal dan aksi nyata. Saya juga berharap bunda-bunda PAUD ketika menerima paket-paket pembelajaran ini dapat langsung menerapkan. Jangan malas belajar, jangan malas membaca. Selain itu, juga tolong disampaikan kepada orangtua agar mereka mendorong anak-anak untuk belajar di PAUD,” papar Ibu Yuliana.

Mengawali pertemuan tersebut, Mariana Susanti, S.Sos., M.A. memaparkan tentang “Media Pembelajaran Berbasis Audio untuk PAUD”. Guru-guru PAUD diajak untuk menyelami lebih dalam keunggulan menggunakan media audio dalam pembelajaran untuk anak usia dini, salah satunya meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak. Media yang diperkenalkan adalah Media Audio Pendidikan untuk Anak Usia Dini (MAPAUD), Gerak dan Lagu Anak Ceria (Gelaria), dan Cerita Ekspresi dan Imajinasi Anak Nusantara (Ceria).

Sesudah itu, G. Agung Nawa Prasetya, S.T. memberikan materi tentang “Teknik Pemanfaatan Alat Putar MP3 dan Situs Web Radio Edukasi”. Guru-guru PAUD diberikan contoh dan mempraktikkan cara menggunakan alat putar yang sudah didapat dari BPMRPK.

Pemapar materi berikutnya adalah Innayah, S.Sos. yang membawakan topik “Pemanfaatan Media Audio Pembelajaran untuk PAUD”. Melalui sesi ini, peserta mendapatkan contoh nyata sejumlah guru PAUD di Indonesia yang sudah memanfaatkan MAPAUD dari BPMRPK. Peserta menyaksikan video pemanfaatan yang dikirim oleh guru-guru pengguna. Sesudah itu, peserta melakukan simulasi pemanfaatan dengan memutar Gelaria menggunakan alat pemutar dari BPMRPK.

Di akhir kegiatan, peserta mengungkapkan kekagumannya bahwa media audio tidak sesederhana yang dibayangkan, akan tetapi manfaatnya sungguh luar biasa bagi anak-anak usia dini. Guru-guru PAUD tersebut berkomitmen untuk mulai memanfaatkan media pembelajaran dari BPMRPK minggu mendatang, di awal September 2021.

(Mariana/Radio Edukasi/BPMRPK Kemendikbudristek)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar