Aktivitas

Penerapan Model dan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Audio Digital

Yogyakarta (RE) – BPMRPK bertugas melakukan pengkajian dan pengembangan model/aplikasi dan format media audio/radio untuk pendidikan seluruh jenis jalur, dan jenjang pendidikan di Indonesia. Pengkajian dan pengembangan model dan format media audio/radio pendidikan yang dilakukan oleh BPMRPK meliputi jenis pendidikan formal dan non formal, jalur sekolah dan luar sekolah, dan jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah (pertama dan atas), serta pendidikan tinggi.

Pengembangan model dan format media audio yang dilakukan oleh BPMRPK menggunakan pendekatan ADDIE Model. ADDIE Model sebagai pendekatan pengembangan model media audio/radio untuk pendidikan yang dilakukan oleh BPMRPK meliputi tahapan analysis, design, development, implementation, and evaluation.

Kegiatan pengembangan model pada tahun 2021 ini ditujukan untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah, mulai dari SMP/MTs dan SMA/SMK, yang dimaksudkan untuk melakukan orientasi penerapan model dan melakukan pembimbingan serta pembinaan pendidik dan peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas.

Pada tanggal 27 – 29 September 2021 BPMRPK melakukan kegiatan penerapan model dan aplikasi pembelajaran berbasis audio digital di Hotel Grand Mercure Yogyakarta yang diikuti oleh pegawai BPMRPK dan guru-guru yang terlibat dalam pengembangan model.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan orientasi pemanfaatan media/aplikasi pembelajaran berbasis audio digital serta memberikan bimbingan teknis kepada pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan melalui sharing hasil pengembangan model/aplikasi pembelajaran, sehingga dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas.

Keluaran dari kegiatan ini adalah diimplementasikan/diterapkannya 50 prototipa model/aplikasi media pembelajaran (dari 5 model/aplikasi, masing-masing 10 prototipa) oleh pendidik dan peserta didik serta tenaga kependidikan dalam proses pembelajaran.

(FaizaRadio Edukasi/BPMRPK Kemendikbudristek)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar