Aktivitas

Fasilitasi Pemanfaatan Media Audio PAUD di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat

Wondama (RE) – Tim Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Kemdikbudristek mendapat kesempatan membimbing 20 orang guru PAUD di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis audio. Kesempatan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara BPMRPK Kemdikbudristek dengan LPMP Papua Barat dan Dinas Pendidikan Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Kegiatan berlangsung selama sehari yaitu pada tanggal 4 November 2021 dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Teluk Wondama.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Teluk Wondama menyampaikan apresiasi kepada LPMP Papua Barat dan BPRMPK Kemdikbudristek, yang telah memperhatikan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Teluk Wondama. Beliau berharap dengan adanya fasilitasi pemanfaatan media audio PAUD ini dapat memberikan semangat dan stimulus, serta mengajak anak-anak PAUD untuk belajar lebih giat lagi.

Mengawali pertemuan tersebut, Nur Faturrahman, S.Sos, M.Pd. memaparkan tentang Profil BPMRPK Kemdikbudristek. Selanjutnya Widiyo Prio Pamungkas, M.Pd. memperkenalkan media pembelajaran yang dikembangkan oleh BPMRPK, meliputi Media Audio Pendidikan untuk Anak Usia Dini (MAPAUD), Gerak dan Lagu Anak Ceria (Gelaria), dan Cerita Ekspresi dan Imajinasi Anak Nusantara (Ceria).

Pemapar materi berikutnya adalah Innayah, S.Sos., M.Pd. yang menyampaikan materi tentang “Teknik Pemanfaatan Alat Putar MP3 dan Situs Web Radio Edukasi”. Selanjutnya guru-guru PAUD diberikan contoh dan mempraktikkan cara menggunakan alat putar yang sudah didapat dari BPMRPK. Melalui sesi ini, guru-guru diajak untuk melakukan simulasi pemanfaatan media audio PAUD dengan memutar Gelaria menggunakan alat pemutar mini player dari BPMRPK.

Di akhir kegiatan, peserta menyampaikan apresiasinya dengan adanya media audio pembelajaran yang dikemas dalam mini player dengan dilengkapi buku panduan yang telah diberikan secara gratis oleh BPMRPK sebagai media penunjang dalam pembelajaran di PAUD. Peserta mengucapkan terima kasih kepada BPMRPK Kemdikbudristek yang telah jauh-jauh datang ke Kabupaten Teluk Wondama untuk berbagi ilmu dan media audio untuk PAUD.

(Innayah / Radio Edukasi / BPMRPK Kemendikbudristek)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar