Berita Pendidikan

UGM Raih Juara Umum KRTI 2021

Yogya (RE) - Tim Gadjah Mada Flying Object Research Center (Gamaforce) meraih juara umum Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2021 yang berlangsung selama lima hari secara daring.

Dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspernas) Kementerian  Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini, tim Gamaforce mendominasi perolehan medali, dengan lima medali emas dan satu juara harapan.

Perolehan medali tersebut diraih oleh 3 subtim yakni Rasayana, Fiachra Aeromapper, dan Khageswara.

Ketua dosen pembimbing Gamaforce, Andi Dharmawan, menyebut bahwa prestasi ini membuat UGM kembali mendapatkan gelar juara umum KRTI yang sempat terlepas pada tahun 2020 lalu.

Sebelumnya UGM telah menjadi juara umum KRTI, selama lima kali berturut-turut sejak tahun 2015.

“Gamaforce telah membuktikan kualitasnya dengan bisa kembali merebut juara umum KRTI di tahun 2021 ini,” kata Andi, saat malam penutupan dan penganugerahan juara KRTI secara daring, Sabtu (20/11/21).

Andi menjelaskan, prestasi yang diraih oleh KRTI merupakan hasil dari kerja keras oleh tim riset interdisipliner mahasiswa program studi Elektronika dan Instrumentasi, Ilmu Komputer, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknologi Informasi, Teknik Industri, Teknik Fisika, D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol, D4 Teknologi Rekayasa Mesin, D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Nuklir Agronomi, Kimia, serta Ilmu Komunikasi.

“Ini merupakan hasil kerja keras bersama, disamping itu juga banyak dukungan dari dosen pembimbing, fakultas serta universitas,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Gamaforce, Made Naradhipa Kanishka Bayu, menuturkan meski di tengah situasi pandemi COVID-19, tidak memperngaruhi semangat tim untuk terus berkarya dan berinovasi di bidang robotika, terutama untuk mengembangkan robot terbang.

"Gamaforce akan terus melakukan riset untuk mendukung dunia dirgantara dan harapannya dapat mewarnai langit Indonesia. Jagat Saksana Dirga!," jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan UGM, Prof. Djagal Wiseso Marseno, yang juga hadir dalam acara tersebut turut menyampaikan aparesiasinya atas pencapaian tim Gamaforce di ajang KRTI 2021.

"Selamat dan kami mengapresiasi prestasi tim Gamaforce di KRTI 2021. Terima kasih untuk kerja kerasnya, juga bagi dosen pembimbing dan seluruh pihak yang terlibat dalam pembuatan karya ini" imbuhnya.

 

 

Reporter: Dian / Editor: Arik

Foto: Dok. UGM

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar