Berita Pendidikan

BP PAUD Dikmas DIY Gelar Bimtek Mitigasi Risiko PTM Terbatas dan Edukasi PHBS

Yogya (RE) - Guna mempersiapkan penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas yang aman bagi peserta didik, Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD Dikmas) DIY menggelar Bimbingan Teknis Mitigasi Risiko PTM Terbatas dan Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi satuan PAUD dan Dikmas.

Pelaksanaan kegiatan ini bertempat di Hotel Grand Keisha Yogyakarta, pada Selasa 23 November 2021.

Kepala Balai BP PAUD Dikmas DIY, Eko Sumardi menyebut bimtek ini merujuk pada  Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

“Tujuannya memberi edukasi dan keterampilan mitigasi risiko PTM terbatas melalui PHBS untuk pendidik, tenaga kependidikan, siswa, orangtua, serta masyarakat,” kata Eko, saat ditemui pada sela kegiatannya, Selasa (23/11/21).

Disamping itu, lanjut dia, juga merupakan upaya pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait dalam memprioritaskan kesehatan warga satuan pendidikan, sekaligus mempertimbangkan tumbuh-kembang peserta didik dan hak mereka terhadap pendidikan selama pandemi Covid-19.

“Terutama bagi anak usia dini, meskipun faktor risikonya lebih rendah dibandingkan orang dewasa, tetapi harus tetap disosialisasikan agar PHBS ini menjadi budaya dan kebiasaan baik yang dilakukan setiap harinya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian TU BP PAUD Dikmas DIY, Frida Nurcahyani, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini sebagai sinergitas dan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan baik di tingkat pusat maupun daerah untuk menjalankan peran pendampingan satuan pendidikan terhadap mitigasi risiko PTM dan edukasi PHBS.

Menurutnya, dalam mengoptimalkan hal tersebut dibutuhkan upaya massif yang berkelanjutan dari seluruh elemen terkait.

“Kegiatan ini dirancang untuk berkelanjutan dengan melakukan evaluasi pada setiap upaya dan program yang telah dilakukan, sehingga dapat memiliki dampak nyata di masyarakat khususnya lingkungan warga sekolah,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Bimtek Mitigasi Risiko PTM Terbatas dan PHBS oleh BP PAUD Dikmas DIY ini turut dihadiri oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Dinas Kesehatan DIY, Satuan PAUD dari berbagai wilayah DIY, dan Forum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) DIY.

 

 

Reporter: Dian  / Editor: Arik

Foto: Dian

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar