Aktivitas

Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Audio Digital Bahasa Inggris

Yogya (RE) - Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) menyelenggarakan kegiatan “Diseminasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Audio Digital Bahasa Inggris” selama dua hari, 1-2 Desember 2021 di hotel The Rich Jogja. Kegiatan ini diikuti oleh 100 guru bahasa Inggris untuk jenjang SMP/MTs, SMA, dan SMK di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hadir secara daring dalam Pembukaan Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Bahasa Inggris ini, Kapusdatin Kemdikbudristek, Dr.M.Hasan Chabibie, S.T.,M.Si., yang ditemani oleh Kepala BPMRPK, Dra. Ohorella Erma, MI.Kom., Koordinator JF PTP Perancangan Model, Drs. Aristo Rahadi, M.Pd., Koordiantor JF PTP Produksi Model, Nur Faturrahman, S.Sos., M.Pd., serta Ka TU, Joko wahyono, S.E. yang turut hadir di lokasi penyelenggaraan kegiatan.

Dalam sambutannya Kapusdatin menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan. Beliau berpesan bahwa guru adalah bagian penting dalam proses belajar mengajar, yang perlu ‘melek’ teknologi dan ikut menjaga nyala api belajar khususnya di situasi pandemi serta ikut menyukseskan program Merdeka Belajar. Kapusdatin juga berpesan agar para Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) terus berinovasi, berkarya dan berkolaborasi sesuai dengan bidang yang ditekuni. 

Ada enam narasumber guru yang dihadirkan dalam kegiatan ini untuk berbagi praktik baik mereka dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis audio digital bahasa Inggris BPMRPK. Mereka adalah Laily Amin F, M.Pd. dari SMP N 5 Panggang Gunungkidul, Dera Estuarso, M.Pd. dari SMP  N 5 Ngawen Gunungkidul,  Suryo Agung Nugroho, S.Pd. dari SMP  N 1 Nglipar Gunungkidul, Nurhapsari Astriningsih, M.Pd. dari SMP N 2 Kalasan Sleman, Betty Sekarsih Hadiyani, M.Pd. dari SMA N 2 Playen Gunungkidul, dan Heny Prihastiwi, S.I.P. dari SMA N 1 Temon Kulon Progo.

Kegiatan ini merupakan bagian dari proses penerapan/pemanfaatan model/media pembelajaran berbasis audio digital yang dilakukan oleh BPMRPK. Melalui kegiatan ini, para guru diharapkan memperoleh informasi mengenai bahan-bahan belajar bahasa Inggris dan contoh praktik baik pemanfaatannya sehingga timbul motivasi dan kesadaran untuk menerima, dan akhirnya memanfaatkan bahan belajar tersebut untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. 

Pada kesempatan tersebut ada enam paket model/media pembelajaran berbasis audio digital untuk mata pelajaran bahasa Inggris yang didiseminasikan yaitu: 1) English Audio Resources (EAR) untuk jenjang SMP/SMA/SMK; 2) Smart English Today (SET) untuk jenjang SMP/SMA/SMK; 3) English Audiopedia untuk jenjang SMP/SMA/SMK; 4) Aplikasi Smart English Exposure (SEE) untuk jenjang SMP; 5) Daily English Conversation (DEC) untuk jenjang SMP/SMA/SMK; dan 6) English Audio Dictionary (EAD) untuk jenjang SMP/SMA/SMK. 

Para guru terlihat sangat antusias dalam menyambut dan mengikuti kegiatan yang dilakukan. Sekembali dari kegiatan, mereka bertekad untuk menerapkan, memanfaatkan bahan-bahan belajar berbasis audio digital tersebut dalam mendukung kegiatan pembelajaran yang mereka lakukan. Selain itu, mereka juga bertekad untuk mengimbaskan kepada guru lain yang tidak ikut dalam kegiatan diseminasi tersebut. Hal itu berarti pesan maupun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Bahasa Inggris yang dimaksud dapat tercapai dengan baik. Semoga bermanfaat.

(Suparti/Radio Edukasi/BPMRPK Kemdikbudristek)

 

This post has 1 Comments

  1. Mas Dhemit | Rabu, 15 Desember 2021

    Maju terus Radio Edukasi (BPMRPK)! Semakin produktif menghasilkan bahan-bahan ajar yang bermanfaat!

Kirim Komentar