Berita Pendidikan

BBPPMPV Seni dan Budaya Gelar Kegiatan Pengembangan Produk Kreatif Seni Budaya 2021

Yogya (RE) - Guna meningkatkan mutu layanan pendidikan vokasi, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya menyelenggarakan rangkaian kegiatan Pengembangan Produk Kreatif Seni Budaya tahun 2021.

Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya, Sarjilah, menyebut Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya dalam menumbuhkan ide-ide dan inovasi guru jenjang SMK di Bidang Seni dan Industri Kreatif.

“Kegiatan produk kreatif dilaksanakan untuk mewadahi dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif guru SMK bidang seni dan industri kreatif, widyaiswara, pengembang teknologi pembelajaran (PTP), maupun staf fungsional umum BBPPMPV Seni Budaya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” kata Sarjilah, pada Seminar Gelar Karya dan Pementasan Pengembangan Produk Kreatif, di Auditorium BBPPMPV Seni dan Budaya, Rabu (15/12/21).

Ia menjelaskan, kegiatan pengembangan produk kreatif ini telah dimulai sejak bulan Juli 2021. Adapun agendanya meliputi penyusunan pedoman, pendaftaran peserta, seleksi proposal, hingga penandatanganan nota kesepahaman.

“Saat pendaftaran peserta ada sebanyak 40 proposal yang masuk. Kemudian, setelah melalui seleksi internal dan eksternal, lolos 20 judul proposal, meliputi 8 proposal penelitian, dan 12 proposal pembuatan produk karya seni,” tuturnya.

Selama kurang dari tiga bulan, lanjut Sarjilah, peserta telah melaksanakan penelitian maupun penciptaan produk kreatif yang berakhir pada bulan Desember ini.

“Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan program pengembangan produk kreatif, dilaksanakan seminar, gelar karya, dan pementasan untuk mempublikasikan hasil pengembangan produk kreatif yang telah dirancang, sekaligus memperingati hari wayang dan hari guru nasional tahun 2021,” ungkap dia.

Dia menambahkan, semua hasil penelitian diseminarkan, dari tanggal 13 sampai 15 Desember 2021. Sementara itu, untuk produk karya seni, peserta diberikan kesempatan untuk memamerkan dan mempresentasikan karyanya dalam Pameran Gelar Karya dan Pementasan Pengembangan Produk Kreatif tahun 2021.

“Karena masih dalam masa pandemi maka kami membatasi jumlah peserta dalam kegiatan ini. Namun antusiasme peserta seminar daring sampai saat ini kurang lebih 800 pendaftar. Nantinya ketiga acara ini akan ditutup dengan pertunjukan wayang kulit,” pungkasnya.


 

 

Reporter: Dian / Editor: Arik

Foto: Dian

This post has 1 Comments

  1. Sarjilah | Jumat, 17 Desember 2021

    Terima kasih sudah dikabarkan... salam sukses...

Kirim Komentar