Aktivitas

Workshop Keradioan

Surabaya (RE) - Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan memiliki tugas dan fungsi untuk mengembangkan model media audio/radio untuk pendidikan dan kebudayaan. Salah satu pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut adalah dengan pengelolaan sarana dan peralatan media radio yaitu Radio Edukasi. Radio Edukasi menyajikan komposisi acara pendidikan (baik formal maupun non formal); berupa berita pendidikan, acara hiburan, dan pendidikan. Selain dapat didengarkan dimana saja dan kapan saja melalui aplikasi Radio Edukasi, streaming Radio Edukasi juga dapat didengarkan melalui laman https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/. Saat ini Radio Edukasi memiliki beberapa program unggulan yang menghadirkan narasumber baik daring maupun luring seperti Suara Paud Indonesia, Kolase Inovasi, Edu Publik, RE Bimbel, RE Medika, KOMA, BEKRAF, dan RE INDIEGO. Selain itu masih banyak program yang tak kalah menarik yang disajikan untuk Insan Edukasi (sapaan pendengar Radio Edukasi). Semua program di Radio Edukasi dikelola oleh pengelola Radio Edukasi yang terdiri dari penanggungjawab, program director, news director, penyiar, reporter, tim teknis, serta pengelola administrasi dan media sosial. Untuk meningkatkan pengelolaan Radio Edukasi, dilaksanakan Workshop Keradioan. 

Workshop Keradioan dilaksanakan selama 3 hari, pada tanggal 9 s.d. 11 Desember 2021 di Hotel Luminor, Surabaya. Hadir dalam kegiatan tersebut Harley Prayudha (Dekan Fikom Universitas Dr. Soetomo Surabaya), Eddy Prasetyo (Redaktur Radio Suara Edukasi), Restu Indah (Radio Suara Surabaya), dan Yoyong Burhanudin (Radio Suara Surabaya) sebagai narasumber. 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan, Dra. Ohorella Erma, M.I.Kom., turut hadir pula Koordinator JF PTP Produksi Model, Nur Faturrahman, S.Sos., M.Pd., serta Ka TU, Joko wahyono, S.E., di lokasi penyelenggaraan kegiatan. Acara dilanjutkan dengan paparan dari narasumber Harley Prayudha yang menyampaikan tentang teknologi dalam operasional radio. 

Hari kedua dilanjutkan dengan materi Wartawan dan Reportase dalam Jurnalisme Radio, Pengolahan Pembertiaan, dan Penulisan Berita yang disampaikan oleh Eddy Prasetyo. “Ilmu keradioan bukanlah ilmu yang stagnan, justru berkembang begitu cepat dengan adanya disrupsi teknologi”, tegasnya. Di sesi sore hari, Restu Indah dari Radio Suara Surabaya menyampaikan materi tentang Teknik Praktek Talkshow Streaming Daring dan Luring. 

Hari terakhir, dibahas tentang Manajemen Radio dan Analisis Data User oleh Yoyong Burhanudin. Diskusi dan praktek juga dilakukan di masing-masing sesi untuk memperdalam materi yang telah disampaikan oleh narasumber pada setiap sesi. Pengelola Radio Edukasi sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Selain memperoleh penyegaran tentang pengelolaan radio, dan ilmu baru yang siap untuk diadopsi dalam pengelolaan Radio Edukasi yang lebih baik.

(Admin / Radio Edukasi / BPMRPK Kemendikbudristek)

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar