Berita Pendidikan

Mendikbudristek: Tahun Ini, Semua Kampus Harus Punya Satgas PPKS

Yogya (RE) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, meminta seluruh perguruan tinggi membentuk Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Hal itu sebagaimana tertuang dalam Permendikbudristek Nomor 30 tahun 2021 tentang PPKS.

Nadiem menyebut, tahun ini, pihaknya menargetkan agar seluruh kampus di Indonesia sudah memiliki satgas PPKS. Ia menegaskan, semua kampus di Indonesia wajib berperan aktif dalam mencegah dan menangani kekerasan seksual.

"Target selanjutnya, tahun ini semua perguruan tinggi di Indonesia memiliki satgas penanganan dan pencegahan kekerasan seksual," kata Nadiem, dalam webinar Sikap Publik terhadap RUU TPKS dan Peraturan Menteri tentang Pencegahan Kekerasan Seksual, Senin (10/1/2022).

Menurut dia, pihaknya menerima laporan, bahwa sudah banyak perguruan tinggi yang bergerak untuk membangun satgas PPKS di kampus. Namun, Ia ingin Permendikbudristek itu lebih implementatif dan kolaboratif.

"Tapi pada dasarnya, kami ingin peraturan ini diimplementasikan kolaboratif, tidak hanya di kampus, tapi masyarakat umum. Bersama-sama kita memerangi kekerasan seksual," lanjut Nadiem.

Ia menambahkan, butuh peran seluruh pihak agar Permendikbudristek ini berjalan dengan baik. Bahkan, pihaknya juga melakukan kunjungan untuk mendapat perspektif lain terakit hal tersebut.

"Sampai hari ini kami terus menerima masukan sebagai bahan pertimbangan kami ke depan bagaimana peraturan ini mendorong pendidikan yang merdeka dari kekerasan seksual," pungkasnya.

 

 

Reporter:  Dian / Editor: Arik

Foto: Tangkapan Layar Webinar ‘Sikap Publik terhadap RUU TPKS dan Peraturan Menteri tentang Pencegahan Kekerasan Seksual’

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar