Aktivitas

Penandatanganan MOU Kerja Sama BPMRPK Kemendikbudristek dengan Program Studi PG-PAUD IKIP SILIWANGI

Yogya (RE) - Pagi yang mendung menyelimuti langit Yogyakarta tak menyurutkan semangat kolaborasi demi mewujudkan pendidikan yang lebih baik. Rabu (12/1) Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Kemendikbudristek menerima kunjungan dalam rangka penadatanganan MOU kerja sama sebagai wujud kolaborasi antara BPMRPK Kemendikbudristek dan Program Studi PG-PAUD IKIP SILIWANGI. Dalam kesempatan ini, Dra. Ohorella Erma, S.I, M.Ikom., Kepala BPMRPK Kemendikbudristek menyampaikan sekilas tentang Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, disampaikan pula produk-produk berbasis audio yang telah dikembangkan baik bahan ajar maupun bahan siar. Kepala BPMRPK Kemendikbudristek juga mengenalkan tentang program-program yang telah dilaksanakan BPMRPK Kemendikbudristek, salah satunya Radio Edukasi. “Di awal pandemi, Radio Edukasi menjadi salah satu rujukan sumber belajar untuk guru dan siswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” tegasnya. Kepala BPMRPK Kemendikbudristek juga mengajak untuk mendengarkan Radio Edukasi yang disiarkan secara streaming melalui laman radioedukasi.kemdikbud.go.id maupun melalui aplikasi Radio Edukasi.

Selanjutnya Rohmalina, M.Pd., selaku Ketua Program Studi PG-PAUD IKIP SILIWANGI, menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap kerja sama antara BPMRPK Kemendikbudristek dan IKIP SILIWANGI dapat terus berlanjut. Rohmalina, M.Pd. menambahkan hasil webinar yang sebelumnya dilakukan sangat luar biasa. “Dengan adanya Radio Edukasi, sangat membantu anak-anak PAUD dalam pembelajaran,” tambahnya. Di akhir, Rohmalina, M.Pd. menyampaikan harapannya untuk dapat mengajak mahasiswa-mahasiswanya berkunjung ke BPMRPK Kemendikbudristek.

Drs. Aristo Rahadi, M.Pd., Koordiantor JF PTP Produksi Model BPMRPK Kemendikbudristek, menyampaikan salah satu ciri khas produk BPMRPK Kemendikbudristek adalah lagu yang fresh dan mendidik. “Kelebihan audio yang kami kembangkan adalah simple dan sesuai dengan kurikulum”, tegasnya. Kerja sama yang dapat dilakukan antara BPMRPK Kemendikbudristek dan IKIP SILIWANGI adalah: 1) mengembangkan media audio yang sesuai dengan kurikulum dan kompetensi yang harus dicapai PAUD, contohnya dalam analisis kebutuhan, penulisan naskah, preview, dan lain-lain; dan 2) pemanfaatan media audio yang telah dikembangkan sehingga minimal lulusan PG-PAUD IKIP SILIWANGI mengenal media audio yang dikembangkan BPMRPK Kemendikbudristek. Media audio produk BPMRPK Kemendikbudristek sangat sesuai untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran. Salah satunya adalah GELARIA (Gerak dan Lagu Anak Ceria) dapat diperdengarkan ke anak-anak PAUD karena melatih psikomotorik anak-anak. “Salah satu kelebihan audio adalah merangsang imajinasi anak,” pungkasnya. 

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MOU kerja sama antara BPMRPK Kemendikbudristek dan Program Studi PG-PAUD IKIP SILIWANGI. Setelah penandatangan MOU, Innayah, S.Sos., M.Pd., menjelaskan cara mendaftar dan mengunduh galeri audio di laman radioedukasi.kemdikbud.go.id dan cara mengunduh aplikasi Radio Edukasi di Playstore. Tak lupa BPMRPK Kemendikbudristek juga menyerahkan paket pembelajaran PAUD berbasis audio untuk dapat dimanfaatkan di IKIP SILIWANGI.  

(Admin/ Radio Edukasi/ BPMRPK Kemendikbudristek)

 

This post has 1 Comments

  1. jono | Selasa, 17 Mei 2022

    bagus

Kirim Komentar