Berita Pendidikan

ITNY Buka Prodi Magister Teknik Geologi

Yogya (RE) - Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) bakal membuka program studi (Prodi) magister Teknik Geologi. Tahun ini, ITNY telah mendapat Surat Keputusan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membuka program Magister.  

Rektor ITNY, Dr. Ir. H. Ircham MT, mengatakan dengan lulusan-lulusan yang sudah diakui kualitasnya, pihak kampus yakin program ini bisa menarik para mahasiswa yang ingin mendalami ilmu geologi.    

“50 persen mahasiswa datang ke kampus, 50 persen mengikuti dari rumah. Target kuliah luring kita menunggu dari Dikti 5 kapan komando itu, kita bersiap semuanya,” ujar Ircham, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (13/1/2022).

Ircham menjelaskan, ITNY menawarkan keunggulan akademis bagi para mahasiswa peminat ilmu geologi, salah satunya tentang kegunungapian.  

Menurutnya, dengan adanya program ini, ITNY diharapkan dapat memberikan dampak yang besar bagi Tanah Air. Terlebih, Indonesia terkenal dengan rangkaian cincin gunung api atau 'Ring of Fire'. 

Tentunya, lanjut dia, hal tersebut juga memungkinkan semakin banyak alumni ITNY yang melakukan penelitian terhadap aktivitas gunung api.

Sementara itu, Wakil Rektor III ITNY Dr. Hill Gendoet Hartono MT menuturkan, proses pembukaan jenjang magister ini memiliki tahapan yang cukup panjang. Bahkan sudah direncanakan sejak tahun 2008, dan baru memenuhi seluruh persyaratan di tahun 2018. Selanjutnya disahkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2021.  

Pembukaan program pascasarjana Teknik Geologi disambut positif alumni. Termasuk Agus Suyono, ST, MMT, Ketua Umum IKA GEO ITNY. 

“Jurusan baru Program Pascasarjana Teknik Geologi itu sangat dibutuhkan di masyarakat. Pakar-pakar geologi itu sangat berperan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas. Sehingga peneliti geologi sangat berperan sekali kepada bencana alam seperti gempa bumi dan gunung meletus,” tutur Agus.  

Ia menambahkan, adapun beberapa program jangka pendek yang harus melibatkan alumni dari semua generasi untuk bersinergi di dalamnya.

“Program jangka pendek ada beberapa. Pertama, kita harus merangkul semua alumni dari berbagai generasi. Kita kumpulkan semua database karena tidak semua berprofesi sebagai geologis. Semua kita rangkul alumni untuk saling bersinergi,” pungkasnya.

 

 

Reporter: Dian / Editor: Arik

Foto: Dok. Humas ITNY

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar