Berita Pendidikan

UKDW Lakukan Pelepasan Mahasiswa Inbound PMMDN Angkatan I

Yogya - Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta secara resmi melepas mahasiswa peserta program inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDN) Angkatan I untuk kembali ke universitas masing-masing.

Acara ini berlangsung secara luring di Auditorium Koinonia UKDW dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube UKDW Yogyakarta.

Adapun pelepasan dilakukan oleh Rektor UKWD, Henry Feriadi. Pada kesempatan tersebut, ia menyebut program inbound PMMDN yang berjalan selama dua bulan resmi berakhir.

“Sebentar lagi mahasiswa peserta PMMDN ini harus segera kembali ke kampus masing-masing. Kami berharap kegiatan ini menjadi pengalaman hidup yang berkesan, bisa mengenal Yogyakarta, berkuliah di UKDW, dan bisa menunjukkan keberagaman nusantara dalam keakraban. Biarlah memori yang baik itu disimpan untuk menjadi bekal, sehingga setelah selesai studi dan kembali ke tengah masyarakat, bisa menjadi duta-duta pembaharuan di tempat masing-masing, serta menceritakan akan manfaat program PMMDN ini,” kata Henry, melalui keterangan tertulisnya, Senin (17/1/2022).

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset dan Inovasi UKDW, Charis Amarantini, menjelaskan sebanyak 18 mahasiswa hadir dalam acara tersebut dari total 24 peserta inbound PMMDN UKDW. Para peserta itu berasal dari 12 mitra perguruan tinggi.

“Proses pembelajaran luring berlangsung selama dua bulan sejak akhir November 2021. Para mahasiswa mengikuti kegiatan kebinekaan dan mempelajari ragam budaya dalam bingkai modul nusantara. Selama 2 minggu, para mahasiswa ini juga mengunjungi berbagai tempat budaya di Yogyakarta,” terangnya.

Sedangkan, Ketua Tim Pelaksana Program PMMDN UKDW, Aniek Prasetyaningsih, menambahkan bahwa program ini sudah dimulai sejak bulan Agustus 2021.

Selain menerima 24 mahasiswa peserta inbound, lanjut Aniek, UKDW juga melepas  sebanyak 14 mahasiswanya untuk mengikuti program yang sama di perguruan tinggi lain.

“Perkuliahan di UKDW untuk program ini dimulai sejak Agustus lalu, namun masih berlangsung secara daring. Kemudian untuk perkuliahan secara luring dimulai pada akhir November 2021. Saya sangat mengapresiasi para mahasiswa peserta inbound PMMDN UKDW yang begitu antusias dalam mengikuti proses pembelajaran yang ada. Mereka menunjukkan ikatan persaudaraan yang kuat selama beberapa bulan dalam berinteraksi dengan berbagai macam keragaman dan menjadikan UKDW sebagai rumah mereka,” pungkasnya.

 

 

Reporter: Dian / Editor: Arik

Foto: Dok. Humas UKDW

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar