Berita Pendidikan

Kemendikbudristek Luncurkan Platform Merdeka Mengajar

Yogya (RE) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan platform Merdeka Mengajar pada Merdeka Belajar Episode 15. Platform ini merupakan pendukung bagi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

"Platfom Merdeka Mengajar ini adalah platform untuk guru yang akan berkembang menjadi suatu platform yang bukan hanya materi dan konten kementerian, tapi benar-benar dimiliki guru, dari guru, untuk guru. Jadi, ini adalah aplikasi kita untuk menerapkan kurikulum merdeka dan belajar untuk menjadi pengajar yang lebih baik," ujar Mendikbudristek, Nadiem Makarim, dalam Peluncuran Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar, Jumat (11/2/2022).

Menurutnya, platform Merdeka Mengajar akan menjadi teman guru dalam mengajar. Dia menyebut platform ini juga akan membantu guru berinovasi menciptakan pembelajaran sesuai tantangan zaman.

Selain itu, Merdeka mengajar mendorong guru dalam berkarya dan berbagi metode pembelajaran. Ia berharap Merdeka Mengajar menjadi suatu referensi bagi guru mengembangkan praktik mengajar.

Nadiem menambahkan, di dalamnya juga terdapat toolkit asesmen untuk mengukur capaian belajar siswa. Data itu dapat dimanfaatkan untuk menganalisa kompetensi murid-murid di setiap kelas.

"Jadi, mungkin anak yang ini agak ketinggalan mungkin harus fokus dulu di bagian ini agar tidak ketinggalan. Jadi, ini akan sangat membantu guru untuk mengetahui, kelas saya ini di mana sih levelnya, ini murid di level mana sih sebenarnya di bidang numerasi dan literasi," imbuh dia.

Adapun, platform Merdeka Mengajar dapat diakses melalui akun Belajar.id, menggunakan perangkat android maupun website. Sedangkan, aplikasi bisa diunduh pada Playstore atau website guru.kemdikbud.go.id.

 

 

 

Reprter: Dian / Editor: Arik

Foto: Kanal Youtube Kemendikbud RI

This post has 4 Comments

  1. In Meskobariyati | Minggu, 13 Februari 2022

    Dalam belajar kita tidak boleh berhenti harus banyak berkembang dan kreatif

  2. anastasiawidajaning8 | Rabu, 06 April 2022

    Berkarya selagi punya kesempatan dan beri layanan prima ...

  3. Drr. Saroni M.Pd | Sabtu, 14 Mei 2022

    Kita tingkatlkan cara nengajar dengan baik dan benar dan lupa mengacu pada Vii dan Misi pendidikan khususnya Pada Aplikasi merdeka mengajar tuk guru dan Siswa

  4. Roni AK | Sabtu, 14 Mei 2022

    Mantappo deh untu Aplikasi merdeka nengjar agar lebih nemper mudah mencapai tujuan pendidikan lebih maksimal guru dan sisea merdeka

Kirim Komentar