Berita Pendidikan

Program Studi di Unika Atma Jaya Raih Pengakuan ASEAN

Yogya (RE) - Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Yogyakarta meraih pengakuan internasional, dalam ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Peraihan ini diterima oleh tiga program studi, yakni Bioteknologi, Kedokteran, dan Psikologi. 

“Kepercayaan dari institusi pendidikan internasional ini harus kita jaga dan harus terus ditingkatkan. Hal ini sesuai dengan upaya internasionalisasi Unika Atma Jaya yang tidak saja akan membantu penguatan nation branding Indonesia tetapi juga standar pendidikan tinggi nasional yang semakin berkualitas,” kata Rektor Unika Atma Jaya, Prasetyantoko, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (19/4/2022).

Institusi AUN-QA merupakan lembaga penilaian independen yang berkantor pusat di Bangkok dan mengacu kepada standar akreditasi internasional. Hingga saat ini, anggota jaringan AUN-QA berjumlah lebih dari 140 lembaga di kawasan ASEAN.

Prasetyantoko menuturkan, upaya mendapatkan pengakuan internasional juga sudah diperoleh dari lembaga pemeringkatan universitas dunia QS World University Ranking (QS WUR) melalui rilisan universitas terbaik versi QS Asia University Ranking 2022. Unika Atma Jaya menempati peringkat ketiga perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

“Secara nasional, Unika Atma Jaya juga berhasil mempertahankan Akreditasi A perguruan tinggi swasta dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Keberhasilan ini menunjukan bukti nyata dari komitmen Unika Atma Jaya dalam menyajikan layanan pendidikan berkualitas dan unggulan di dalam negeri maupun secara internasional,” ungkapnya.
 
Melalui AUN-QA, lanjut dia, Unika Atma Jaya kini memiliki jejaring di berbagai universitas ASEAN. Menurutnya, hal ini memperkuat kerja sama di bidang pendidikan tinggi antar negara Asean. 

“Unika Atma Jaya juga sudah menjadi anggota AUN-QA sejak tahun 2018,” sebutnya.
 
Selain itu, ada pula keuntungan raihan tersebut bagi mahasiswa. Salah satunya, dapat mengikuti program transfer kredit dengan berbagai perguruan tinggi anggota AUN. 

Sementara itu, lewat Pusat Penelitian Tempe di tahun 2019, kini Prodi Bioteknologi Unika Atma Jaya juga menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

“Atma Jaya sudah sejak lama menerapkan bioteknologi, termasuk tempe. Inilah yang melatarbelakangi pendirian Pusat Penelitian dan Pengembangan Tempe (P3T) Fakultas Teknobiologi pada jurnal yang bereputasi skala internasional maupun nasional,” imbuhnya.

 

 

Reporter: Dian / Editor: Arik

Foto: Dok. Unika Atma Jaya

This post has 1 Comments

  1. SATIYAH,S.Pd | Sabtu, 20 Agustus 2022

    Alhamdulillah semakin dokter

Kirim Komentar