Berita Pendidikan

Kemendikbudristek Harap Skor PISA Indonesia Segera Membaik

Yogya (RE) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berharap skor Programme for International Student Assessment (PISA) Indonesia dapat membaik.

Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Santi Ambarrukmi, mengatakan skor PISA Indonesia masih rendah.

"Peringkat untuk PISA, Indonesia ini tergolong rendah, ini perlu kita naikkan, kita termasuk negara terbawah. Kita harus bangkit," kata Santi dalam Webinar Sharing Session GTK Kemendikbud, Senin (24/4/2022).

Dia berharap guru dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Sebab, kini peningkatan kompetensi literasi dan numerasi sudah tak lagi mengikuti standar nasional.

"Kita punya tantangan sekarang ini untuk di tingkat global," tutur dia.

Ia melanjutkan, skor PISA Indonesia pada 2018 berada pada posisi sangat memprihatinkan. Selain itu, juga tak pernah mencapai skor rata-rata negara Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

“Hasil survei PISA 2018 menempatkan Indonesia di urutan ke 74 alias peringkat keenam dari bawah. Kemampuan membaca siswa Indonesia di skor 371 berada di posisi 74, kemampuan Matematika mendapat 379 berada di posisi 73, dan kemampuan sains dengan skor 396 berada di posisi 71,” pungkasnya.

 

 

 

Reporter: Dian / Editor: Arik

Foto: Kanal Youtube Ditjen GTK Kemdikbud RI

This post has 4 Comments

  1. Irwan | Selasa, 22 November 2022

    Saya sdh lama mengamati masalah pendidikan dan sdh saya tuangkan dlm bentuk presentasi PPT. Bila Radio Edukasi bisa bantu sampaikan ke ibu Santi mungkin bisa jadi masukan ke beliau. Tksh

  2. SATIYAH,S.Pd | Sabtu, 20 Agustus 2022

    Semoga Aamiin3x

  3. Erwin Elias MM,PhD | Sabtu, 06 Agustus 2022

    Make Indonesia Pisa Score through breakthrough new-paradigm

  4. Herni Rosalina | Jumat, 22 Juli 2022

    Informasi pada laman ini sangat edukatif.

Kirim Komentar