Berita Pendidikan

Dirjen GTK: Pendidikan Indonesia Pulih Lebih Cepat dengan Dukungan Teknologi

Yogya (RE) - Dalam pemulihan pembelajaran pascapandemi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menggunakan teknologi sebagai upaya memulihkan pendidikan lebih cepat dan bangkit lebih kuat, bahkan diharapkan dapat membuat lompatan kemajuan.

Proses pembelajaran di era pandemi mengharuskan tenaga pendidik, peserta didik, dan orang tua untuk beralih menggunakan teknologi.

“Terobosan teknologi telah kita lakukan di berbagai bidang mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan tinggi, hingga vokasi. Kita bergerak bagaimana teknologi bisa menjadi solusi untuk akses kualitas, pemerataan, dan lompatan kemajuan pendidikan di seluruh Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Iwan Syahril dalam acara puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-27, Rabu (10/8/2022).

Iwan mengatakan, sebelumnya, perubahan teknologi dalam pembelajaran sulit diterima. Namun, menurutnya, dengan ketangguhan tenaga pendidik Indonesia yang bergerak melibatkan hati untuk berpartisipasi maka penggunaan teknologi dapat diterima. 

“Kalau dulu guru-guru sangat sulit mendapatkan pelatihan-pelatihan karena batasan jarak dan biaya. Sekarang dengan teknologi para guru bergerak mengakselerasi transformasi pendidikan melalui teknologi pada platform Merdeka Mengajar. Ini jauh efisien biaya dan lebih simpel karena guru hanya membuka aplikasi di gawainya untuk mendapatkan modul-modul program prioritas Kemendikbudristek,” jelasnya. 

Dirjen Iwan juga mengimbau agar pelaku pendidikan untuk dapat  berkolaborasi dan gotong royong dalam memberdayakan teknologi.

“Teknologi bisa menjadi solusi untuk memudahkan administrasi sehingga saat di sekolah guru bisa lebih fokus pada pembelajaran siswa, bisa meningkatkan kompetensi para guru melalui platform Merdeka Mengajar, serta bisa memberi masukan strategis untuk perbaikan yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Pada momentum Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-27, Kemendikbudristek mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergabung dalam gerakan transformasi pendidikan nasional melalui Merdeka Belajar.

 

 

Reporter: Arin / Editor: Arik
Foto: Kemendikbudristek

This post has 1 Comments

  1. SATIYAH,S.Pd | Sabtu, 20 Agustus 2022

    Teknologi platform merdeka belajar, memang sangat membantu cara belajar guru, hanya saja masih banyak kendala signal yang kurang bagus untuk memadai guru-guru pelosok terutama bagi saya pribadi.

Kirim Komentar