Berita Pendidikan

Dukung Program Prioritas Kemendikbudristek, BBGP DIY Audiensi Dengan Disdik Sleman

Yogya (RE) - Guna mendukung program prioritas dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman.

Kepala BBGP DIY, Adi Wijaya, mengatakan bahwa dengan kegiatan ini, diharapkan Disdik Kabupaten Sleman dapat memberikan dukungan, untuk pemajuan mutu pendidikan, khususnya di Kabupaten Sleman. Menurutnya, perlu adanya sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan di bidang pendidikan, agar tujuan tersebut dapat tercapai. Pihaknya juga mendorong agar guru dan kepala sekolah di Kabupaten Sleman, untuk segera memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

“Tentunya kami mengharapkan komunitas-komunitas belajar di Kabupaten Sleman, menurut data di PMM belum begitu banyak, mungkin belum banyak yang mendaftar. Jadi diharapkan untuk segara mendaftar PMM ini, karena itu sangat banyak manfaatnya,” ujar Adi, saat beraudiendi dengan Disdik Kabupaten Sleman, Senin (5/9/2022).

Ia menyebut, pihaknya mengajak Disidik Kabupaten Sleman, untuk bersama-sama mendorong guru di sekolah yang sudah menyatakan melaksanakan IKM agar dapat memanfaatkan PMM. Para guru, lanjut Adi, diharapkan tidak hanya login ke dalam Platform Merdeka Mengajar, tetapi juga mempelajari topik-topik pelatihan yang ada di PMM tersebut secara mandiri, maupun melalui komunitas belajar.

"Pemberian peningkatan-peningkatan kompetensi nantinya juga melalui komunitas belajar yang ada," jelas Adi.

Adi wijaya menambahkan, adanya BBGP DIY saat ini mendukung tiga prioritas Kemendikbudristek. Di antaranya adalah Program Sekolah Penggerak (PSP), Program Guru Penggerak (PGP), dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Sementara itu, Kepala Disdik Kabupaten Sleman, Ery Widaryana, mengatakan bahwa pihaknya memberikan respon positif dan dukung penuh terkait Merdeka Belajar. Pihaknya juga tentu mendukung penuh program program prioritas yang dijalankan Kemendikbudristek.

"Program sekolah penggerak di Kabupaten Sleman itu yang terakhir di DIY. Jadi sekolah-sekolahnya bisa mendapatkan berbagai informasi dari kabupaten/kota yang sudah melaksanakan sebelumnya," papar Ery.

Ery berharap, dengan kemitraan bersama BBGP DIY dapat mengawal Disdik Sleman, dalam pemajuan pendidikan di Kabupaten Sleman.

 

 

 

Reporter: Arin / Editor: Arik

Foto: Arin

This post has 1 Comments

  1. Misakm | Selasa, 06 September 2022

    Bekerja keras untuk sukseskan "Program Merdeka Belajar"

Kirim Komentar