Berita Pendidikan

Kemendikbudristek: Seluruh Unit Kerja Harus Kelola Arsip secara Terpadu, Akuntabel, Efektif, dan Efisien

Yogya (RE) - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengimbau agar seluruh unit kerja untuk mengelola arsip secara terpadu, akuntabel, efektif, dan efisien. Kualitas pengelolaan arsip juga diukur dengan Nilai Hasil Pengawasan Kearsipan dari ANRI dan menjad salah satu aspek dalam pedoman evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi berdasarkan Permenpan RB Nomor 26 Tahun 2020. Hasil penilaian pengawasan kearsipan menunjukkan dan membuktikan tentang seberapa baik Kemendikbudristek dalam mengelola arsipnya.

“Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 20 Tahun 2022 telah hadir untuk mendukung terwujudnya penyelenggaraan kearsipan yang komprehensif dan terpadu, akuntabel, efektif, dan efisien. Oleh karena itu, seluruh unit kerja perlu menjadikan Permendikbudristek Nomor 20 Tahun 2022 sebagai pedoman dalam implementasi penyelenggaraan kearsipan, khususnya dalam kegiatan pengelolaan arsip dinamis yang meliputi penciptaan, penggunaan, pemeliharaan, dan penyusutan arsip,” kata Kepala Biro Umum Pengadaan Barang Jasa (PBJ), Triyantoro dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/9/2022).

Triyantoro berharap, hadirnya Permendikbudristek Nomor 20 Tahun 2022 dapat menjadi acuan pembelajaran agar pengelolaan kearsipan di lingkungan Kemendikbudristek menjadi jauh lebih baik.

“Kegiatan sosialisasi ini penting untuk memberikan pemahaman bahwa arsip yang tercipta dari kegiatan pelaksanaan tugas dan fungsi unit kerja di kementerian harus dikelola sesuai kaidah sehingga informasi arsip baik yang mempunyai nilai guna primer (masih berguna bagi organisasi) maupun sekunder (tidak bernilai guna bagi organisasi tetapi bernilai guna kesejarahan) dapat diselamatkan,” papar dia. 

Triyantoro pun mengimbau agar seluruh unit kerja dapat saling berkoordinasi, berdiskusi, dan berbagi praktik baik terkait pengelolaan kearsipan di unit kerja masing-masing. Menurutnya, dengan adanya kegiatan Sosialisasi Permendikbudristek Nomor 20 Tahun 2022 Tahap 3 ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada para peserta mengenai penyelenggaraan kearsipan yang meliputi penetapan kebijakan, pembinaan kearsipan, dan pengelolaan arsip sehingga terwujud kesepahaman dan keseragaman tata kelola kearsipan di seluruh unit kerja Kemendikbudristek.

“Kami berharap seluruh peserta dapat secara aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan menggali setiap materi sosialisasi sehingga menghasilkan output dan outcome yang kaya dan bermanfaat untuk peningkatan kualitas pengelolaan arsip di unit kerjanya masing-masing,” jelasnya.

 

 

Reporter: Arin / Editor: Arik
Foto: Kemendikbudristek

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar